Minggu, 16 Februari 2014

Samakah Winter Guard dengan Color Guard ?

Samakah Winter Guard dengan Color Guard ?



Winter Guard hampir mirip dengan Color Guard (Yang bermain bersama Drum Corps / Marching Band), namun penampilan winter guard sendiri berbeda, karena tempat mereka tampil selalu di dalam ruangan (Indoor) atau di lantai gymnastic dan ramai saat musim dingin, maka dari itu dinamakan “Winter Guard” atau Color Guard yang bermain di musim dingin (Winter) .
Begitu pula perbedaan dari musik pengiring, jika pada Color Guard musik pengiringnya berupa Musik “Live” dari pemain Brass, Battery, dan Pits Instrument, maka Winter Guard menggantikan musik marching band dengan rekaman musik dengan berbagai genre. Sehingga lebih terkesan sebagai grup penari namun mengadopsi sistem color guard dengan menggunakan equipment dan aksesoris tipikal Color Guard.



Tempat penampilan Winter Guard yang berbasis lantai gymnastic menggunakan “floor mat” atau matras tipis yang didesain sedemikian rupa, menutupi seluruh area tempat akan berlangsungnya penampilan, dan setiap grup Winter Guard biasanya memiliki jenis mat yang berbeda-beda , sehingga mereka mesti menyiapkan secara mandiri bagaimana jalannya penampilan mereka hingga tempat mereka akan menapakkan kaki untuk menari nantinya .Saat penampilan , para pemain Winter Guard biasanya tidak menggunakan alas kaki, namun beberapa ada yang menggunakan sepatu dance modern, ataupun “Jazz Shoes”.


Ada beberapa kejuaraan yang mengkhususkan pesertanya tergabung di Grup Winter Guard, tentu saja kompetisi tersebut berlangsung di waktu spesial yaitu pada saat usim dingin, dengan ruangan indoor. Berbeda jauh dengan Color Guard & Marching Band-nya (Amerika) yang berkompetisi saat musim gugur dan di lapangan rugby/american football (Outdoor).

Winter Guard International (WGI)

Winter Guard International (WGI) adalah “Sport of Arts”, yang dimaksudkan sebagai kompetisi untuk team Winter Guard dengan skill individual tinggi saat berdansa dan menari dan menyesuaikan diri dengan musik yg beragam namun juga dapat dengan fasih pula menggunakan equipment, layaknya Sabre, Riffle, dan Flags yang biasa dipakai oleh Color Guard. WGI dibentuk di tahun 1977 oleh 6 orang pendirinya.
Sekarang format partisipasi WGI di bagi menjadi 8 kategori yaitu : Sekolah Menengah, Regional A, Divisi Sekolah, Independen, Divisi Sekolah Terbuka, Independen Terbuka, Divisi Sekolah Internasional, dan Independen Internasional. WGI diselenggarakan di beberapa wilayah regional, yang kemudian juara di regionalnya akan dikirin untuk berkumpul di event WGI Internasional dan berkumpul bersama ribuan Winter Guard lain yang memiliki maksud untuk berkompetisi.

Sumber : http://marchingband.uii.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=122:samakah-winter-guard-dengan-color-guard-&catid=36:artikel-marching-band&Itemid=73

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More