Minggu, 16 Februari 2014

Glosarium Color Guard

Glosarium Color Guard





Dalam Color Guard, terdapat banyak istilah yang ketika di artikan dan disesuaikan ke kehidupan nyata tidak akan sinkron atau dimengerti. Berikut beberapa istilah istilah di dunia Guardline (Setidaknya bagi color guard luar negeri) :


Air Drill / Air Flag – Kondisi dimana guard bermain tanpa menggunakan alat. Namun ketika terdapat kesalahan saat bermain dengan alat dan tidak bisa menangkap saat toss biasanya teknik ini digunakan, guard akan berpura-pura menggenggam equipment mereka kemudian berjalan dan bermain kembali layaknya mereka sedang menggenggam equipment mereka (semacam emergency tips)

Air Blade – Equipment dengan bentuk sedemikian rupa yang didesain untuk menuer spin baik di udara


Blade – Bagian pedang / besi pada saber


Bolt – Pemberat dari metal / besi / emas yang biasa ditaruh di ujung tongkat flag, yang bertujuan agar guad bisa melakukan toss lebih mudah. Atau dapat pula digunakan sebagai simulasi cangkang peluru yang di tempel di sisi sisi riffle.


Crutch Tip – Karet hitam kecil di ujung tongkat flag .


Drop Spins – Spin dasar, dimana bagian silk / sutera dari flag bergerak turun, naik, turun, naik, dst. Dalam pergerakan spin / memutar.



Double FastHampir menyerupai Drop Spin, namun bagian silk / sutera flag bergerak turun, datar, naik, datar, turun, datar, naik, dst. Dan dalam pergerakan spin / memutar.


Electical Tape – Sejenis selotip / lakban yang khusus digunakan untuk equipment color guard terutama riffle, saber, dan airblade


Floor –Sebutan untuk matras yang biasa digunakan oleh guard saat latihan , namun lebih sering digunakan oleh kalangan winter guard.


Free Arms/Hands – Kondisi lengan / tangan guard ketika equipment berada diudara (tidak ditangan)


Hilt – Bagian handle / gagang dari saber


Horizontal – Kondisi dimana flag di toss diatas kepala dan biasanya berputar paralel saat jatuh.


Jazz Run/Walk – Lari / Jalan dengan langkah dan jarak yang besar namun tetap menampakkan sisi elegan. Biasanya dalam percobaan pertama terasa susah dan aneh..


Popcorn – Sebutan bagi guard yang baru masuk di akhir musim (menjelang perlombaan) sehingga kehadiran orang ini kerap mengacau. Yang diumpamakan layaknya sebiji popcorn yang meletup sendiri dan keluar dari jalur dan tempat yang seharusnya.


Riffle – Senapan palsu / replika dari kayu yang digunakan sebagai equipment.


Sabre – Pedang palsu / replika dengan mata tumpul yang digunakan sebagai equipment.


Sabre Sistas – Istilah untuk suatu kelompok guard wanita spesialis sabre.


Sail – Kondisi dimana bagian silk flag melilit secara tidak sengaja di ujung tongkat dan sangat menggangu guard dalam pergerakan.


Silk – Bagian sutera/kain pada flag (Bendera)

Singles – Gerakan toss sedethana dimana flag akan berputar sekali, dapat ditangkap biasanya pada hitungan ke-2 atau 2 setengah.


Strap – Tali pengikat kecil yang mengikat equipment riffle.


Toe Thongs – Sepatu sandal yang buasa digunakan winterguard.


Winterguard - Colorguard yang bermain di dalam ruangan dan tanpa band live pegiring, lebih mengutamakan dance dan ballet biasanya.




 
Sumber :
http://marchingband.uii.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=129:glosarium-color-guard&catid=36:artikel-marching-band&Itemid=73

Artikel Marching Band
Written by Humas MB UII   
Tuesday, 05 November 2013 04:17


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More