Minggu, 16 Februari 2014

Mallet Pada Pits Instrument

Mallet Pada Pits Instrument





Mallet dahulunya merupakan sebutan untuk semua jenis stik drum, namun seiring berkembangnya zaman, penamaan “Mallet” hanya digunakan untuk beberapa macam jenis stik saja. Mallet yang ketika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti sebuah palu, benar benar memiliki struktur anatomi yang hampir mirip dengan palu, seingga di artikan secara umum sebagai stik / pemukul dengan kepala (head) yang besar. Dalam dunia front ensemble / pits instrument ada 3 macam mallet yang meyesuaikan pula dengan instrumen yang di mainkan :
1. Unwrapped Mallet
Adalah jenis mallet yang tidak berbungkus atau langsung . Mallet jenis ini digunakan untuk alat pits layaknya glockenspiel (marching bell) dan xylophone , kepalanya biasanya terbuat dari bahan kuningan, karet, nylon, akrilik kayu dan lain-lain.

2. Wrapped Mallet
Mallet jenis ini digunakan pada instrument pits  seperti marimba, vibraphone dan instrumen lainnya dengan bilah yang sensitif . Kepala (head) nya terbuat dari  kelon, karet, nylon, akrilik  dan material lain yang kemudian dibungkus dengan  benang, tali ataupun lateks. Wrapped mallets juga pilihan di dalam memainkan suspended cymbal (cymbal statis) .

3.Felt Mallet / Cartwheel Mallet
Adalah jenis mallet yang kepala (head) nya dibungkus dengan semacam kain flanel, tebal kain flanel yang di gulungkan pada head mallet kan berpengaruh pada power dan proyeksi suara yang dihasilkan sehingga ada hard dan soft felt mallet. Mallet jenis ini digunakan untuk instrument pits yang tidak bernada seperti concert bass ataupun timpani . Namun dalam drum kit modern, stick jenis ini juga sering pula digunakan untuk rolling pada floor tom ataupun cymbal roll.

Sumber : 
http://marchingband.uii.ac.id/index.php?option=com_content&view=section&layout=blog&id=5&Itemid=74
Written by Humas MB UII   
Monday, 18 November 2013 10:37

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More