Minggu, 16 Februari 2014

Marching Brass Section

Marching Brass Section

Dalam alat brass dibagi tiga kategori berdasarkan suara yang dikeluarkan, yaitu :
1. High Brass
2. Middle Brass
3. Low Brass
Trumpet termasuk kategori High Brass, typical suaranya tinggi, suaranya keras dan lebih cempreng diantara yang lainnya. Notasi yang dimiliki trumpet biasanya notasi yang berhubungan dengan melodi sebuah lagu yang dipasang pada not - not yang tinggi.
Ini bentuk trumpet :


Trumpet
Yang kedua dibawah trumpet yaitu Mellophone, suaranya sangat halus, lembut, dan tidak cempreng. Mellophone termasuk ke Middle Brass. Sebenarnya ada juga French Horn, tetapi itu tidak dipakai dalam marching band, biasa dipakai untuk orchestra dan semacamnya.
Ini bentuk Mellophone :

Mellophone
Bentuk depannya atau corongnya yang disebut bells lebih besar dan lebih mengembang daripada trumpet.

Masuk ke kategori Low Brass, yaitu alat brass yang memiliki suara bawah yang rendah dan  nge-bass, urutan paling atas di low brass marching ada Baritone, suaranya rendah, tetapi tidak terlalu nge-bass karena suaranya agak tinggi sedikit dibanding yang lain.
Ini gambar Baritone :

Baritone
Ini adalah alat yang saya pakai selama ikut di marching band.

Dibawah Baritone ada Euphonium, suaranya lebih halus dan nge-bass daripada Baritone, tetapi tidak berbeda jauh, sedikit sama. Bentuknya lebih besar dan panjang dari Baritone.
Ini gambar Euphonium :

Euphonium

Yang terakhir adalah Tuba, alat ini mempunyai suara paling rendah dan nge-Bass, Bentuknya sangat besar, berat, untuk meniupnya juga agak susah karena perlu nafas yang kuat untuk ini.
Ini gambar Tuba :

Tuba

Gambar semua diatas itu adalah alat yang diapakai marching band/drum crops. Ada satu hal lagi yang harus diketahui, meniupkan alat brass tidak bisa sembarang tiup, jika hanya sekedar ditupkan suaranya tidak akan keluar. Cara meniupkannya yaitu memakai  getaran bibir, untuk pemula memang agak susah dan perlu latihan intensif jika ingin cepat bisa.

Ada satu elemen penting lagi disini yaitu mouthpiece, benda ini digunakan untuk meniup alat brass diatas, bentuknya seperti corong, masing-masing alat punya mouthpiece nya masing-masing yang berbeda ukuran, ini contoh mouthpiece:

Sekian postingan tentang marching brass :) .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More