Minggu, 16 Februari 2014

Mengenal Mouthpiece Brass

Mengenal Mouthpiece Brass



Mouthpiece adalah bagian dari Instrumen Brass yang penggunaan nya ditempatkan pada bibir pemain, mouthpiece merupakan bagian terpenting yang harus ada pada alat ketika dimainkan, karena sumber suara nya berasal dari mouthpiece. Jenis mouthpiece beragam, untuk mouthpiece alat dengan suara range tinggi layaknya trumpet & melophone corongnya berukuran kecil, semakin rendah range suara dari alat semakin besar corong mouthpiece yang digunakan layaknya pada alat Baritone, Euphonium & Tuba.
Design & Efek Bagian Mouthpiece




























Bahan Dasar Mouthpiece
Pembuatan mouthpiece umumnya berbahan brass/kuningan namun ternyata terdapat beberapa material lain yang dapat digunakan untuk pembuatan “mouthpiece” ini. Tentunya hal ini berdampak kepada lama pembuatan, kualitas, dan harga modal maupun jual dari mouthpiece tersendiri.
A. Kuningan
Adalah jenis material yang paling sering digunakan dalam pembuatan mouthpiece instrument tiup logam
B. Emas
Untuk sebagian pemain brass memiliki alergi terhadap silver, kuningan dll. Mouthpiece berbahan emas ini bisa jadi alternatif, namun tentunya dengan harga yg jauh lebih mahal dibanding mouthpiece dengan material lainnya.

C. Silver
Secara kasat mata, mouthpiece jenis silver terlihat tak ada bedanya dengan mouthpiece kuningan (brass) namun dari segi berat jenis dan komposisi material sangatlah berbeda.

D. Plastik
Mouthpiece dengan bahan dasar plastik sangatlah unik. Mouthpiece jenis ini biasanya akan terlihat lucu, dikarenakan terkadang di produksi dalam berbagai warna, mouthpiece plastik terkenal ringan dan memiliki banderol harga lebih murah dibandingkan mouthpiece lainnya sehingga ada nilai tambah tersendiri bagi mouthpiece jenis ini. 

























Sumber : 
http://marchingband.uii.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=127:mengenal-mouthpiece-brass&catid=36:artikel-marching-band&Itemid=73

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More